Lulusan Teknik Sipil Undova Bisa Menjadi Ahli Konstruksi Bersertifikat

Lulusan Teknik Sipil Undova Bisa Menjadi Ahli Konstruksi Bersertifikat

“universitas cordova (undova) terus membangun kerjasama untuk penguatan kualitas lulusan.  Kerjasama itu kini dibangun dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).”

Sumbawa Barat. Radio Arki- Lulusan teknik Universitas Cordova kini patut disejajarkan dengan fakultas teknik lain di Indonesia ataupun NTB. Pasalnya, fakultas yang telah dari awal ada di Universitas itu, telah membangun kerjasama dengan Lembaga Pengembangan Kerjasama Jasa Konstruksi (LPJK). Untuk itu, lulusan undova kini dapat menjadi ahli konstruksi bersertifikat dengan mengikuti pelatihan jasa konstruksi yang dilaksanakan pihak kampus.

“kerjasama ini tentu sangat startegis buat Undova dan lulusannya. Karena kita bisa mempersiapkan tenaga ahli konstruksi untuk proyek startegis di pulau Sumbawa terutama di KSB.” Ujar dekan Fakultas Teknis Undova, Amrussalam, ST., MT kepada media ini, rabu (21/3) siang tadi, usai menandatangani kerjasama dengan LPJK, di Mataram.

Kerjasama ini sebenarnya untuk menopang tuntutan aturan tentang jasa konstruksi, lanjut Amru, karena sesuai dengan Undang Undang 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi disebutkan bahwa ada kewajiban bagi tenaga konstruksi memiliki sertifikat sebelum menjadi tenaga ahli pada proyek tertentu.

LPJK. Pemprov NTB, dan perwakilan perguruan tinggi kerjasama program LPJK sedang berpoto bersama usai penandatanganan kerjasama. (sumber : WAG Alumni Undova)

Dalam kaitan dengan kerjasama tersebut, maka perguruan tinggi yang bekerjasama dengan LPJK dapat melaksanakan pelatihan sertifikasi tenaga jasa konstruksi, termasuk Undova.

Awalnya Undova tidak masuk dalam perguruan tinggi yang dapat melaksanakan pelatihan itu. Tetapi setelah membangun komunikasi dengan para pihak, maka Undova dapat menjadi salah satu perguruan tinggi pelaksana kegiatan pelatihan tersebut. Tentu dengan adanya kerjasama ini, menurut Amru, lulusan Undova dapat menjadi tenaga ahli yang siap terhadap dunia kerja dan bersaing dengan kampus lain seperti Universitas Mataram.

“salah satu programnya adalah SIBIMA KONSTRUKSI (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi). Memang program sudah jalan selama dua tahun, dan sekarang kita masuk dalam bagian dari program ini. Sebagai bentuk kerjasama program, kita (Undova) bisa jadi pelaksana pelatihan untuk sertifikasi ahli jasa konstruksi. Menariknya, program ini bisa untuk mahasiswa dan dosen. Jadi kita berharap ini bisa menjadi daya dorong yang efektif untuk menciptakan lulusan dan civitas Undova khususnya teknik yang berkualitas.” Terangnya.

Kerjasama strategis yang dibangun dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dilaksanakan dilakukan dengan delapan perguruan tinggi yang ada di NTB, salah satunya adalah Undova. Kerjasama tersebut dilakukan dengan penandatanganan piagam kerjasama yang ditandatangani oleh para pihak, yaitu pihak perguruan tinggi, pemerintah dan LPJK. (Unang silatang.Radio Arki)

Leave a Comment

X