UNDOVA Selenggarakan Kuliah Umum dan Orientasi MABA 2020/2021

Universitas Cordova (UNDOVA) Kabupaten Sumbawa Barat NTB menyelenggarakan Kuliah Umum dan Orientasi Akademik Mahasis Baru (MABA) 2020/2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Kampus UNDOVA Jl. Pondok Pesantren 112 Taliwang, Sumbawa Barat NTB. Menurut laporan ketua panitia, Suhardinata, SE, total yang mendaftar di UNDOVA tahun akademik 2020/2021 adalah 307 mahasiswa terdiri dari 150 laki-laki dan 157 perempuan.

Kegiatan tatap muka yang diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 ini disambut antusias oleh mahasiswa baru. Pihak UNDOVA dalam menyelenggarakan kegiatan ini tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai ketentuan berlaku. Kegiatan ini mengambil tema umum “Civilization and UNDOVA Value”.

Rektor UNDOVA, Dr. KH. Zulkifli Muhadli, SH., MM dalam sambutannya memberikan pengibaratan bergabungnya mahasiswa di UNDOVA ibarat menaiki pesawat, mahasiswa baru yang menjadi keluarga besar UNDOVA harus sudah tau tujuan ke depan selama berada di UNDOVA agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Lebih lanjut menurut Rektor, “Mahasiswa UNDOVA merupakan penggerak peradaban sehingga bisa mendorong tercapainya tahapan tertinggi yang bisa diraih oleh suatu masyarakat tertentu, di tempat tertentu, di waktu tertentu.”

Terdapat lima nilai dasar dari UNDOVA, yaitu :

  1. Keislaman
  2. Kebangsaan
  3. Kepesantrenan
  4. Keilmuan
  5. Nilai-nilai lainnya seperti berpikiran luas, berpikiran merdeka, dll

Sementara itu jati diri UNDOVA terdiri dari empat bagian, yaitu :

  1. Sebagai universitas pesantren, dimana diharapkan agar seluruh civitas akademika memiliki nilai-nilai islami yang kuat
  2. Sebagai universitas penelitian (research), sehingga aktivitas di dalamnya difokuskan pada penelitian baik bagi mahasiswa maupun dosen
  3. Sebagai universitas peradaban, dimana kegiatan dimulai dari iqro atau membaca
  4. Sebagai universitas dunia yaitu bagian yang akan membangun peradaban kelas dunia

“Semua itu dapat tercapai bukan karena kita hebat tapi karena Allah yang hebat, bukan karena kita pintar tapi karena Allah yang maha berilmu, bukan karena kita tapi karna Allah mengijinkan”, papar Kyai Zul, sapaan akrab Rektor UNDOVA. (LPPDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *