Yuk Kuliah Di UNDOVA dengan Beasiswa KIP-Kuliah

Menurut Kemdikbud, sistem pendidikan nasional memiliki peran yang strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk merealisasikan hal tersebut, UU No 12 Tahun 2012 tentang Penddikan Tinggi mengamanatkan kepada pemerintah untuk mewujudkan keterjangkauan dan pemerataan yang berkeadilan dalam memperoleh pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengan kepentingan masyarakat bagi kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan.

Universitas Cordova sebagai salah satu perguruan tinggi yang juga memiliki komitmen untuk mencapai kecerdasan bangsa dan kemajuan IPTEK, ikut memiliki kewajiban untuk meningkatkan kesempatan melanjutkan studi ke pendidikan tinggi jenjang Sarjana. Dengan semakin luasnya akses pendidikan bagi lebih banyak orang, diharapkan kualitas generasi semakin kreatif, logis, inovatif, dan kompetitif.

Sebagai wujud kepedulian Universitas Cordova kepada anak Indonesia kurang mampu yang memiliki prestasi dan keinginan untuk studi lanjut namun kesulitan membiayai perkuliahan, maka Universitas Cordova berkomitmen untuk memberikan pelayanan beasiswa melalui peran Kartu Indonesia Pintar (KIP) – Kuliah. Menurut Kemdikbud, KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik. Penerimaan beasiswa KIP Kuliah di Universitas Cordova untuk jenjang Sarjana memiliki jangka waktu maksimal mencapai 8 (delapan) semester.

Keunggulan penerima KIP Kuliah yaitu :

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi
  2. Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi
  3. Bantuan biaya hidup sebesar Rp 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan

Terdapat 5 persyaratan peserta penerima beasiswa KIP Kuliah di Universitas Cordova yaitu

  1. Siswa SMA/SMK/MA/sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya serta memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar
  4. Mempunyai Kartu Kekeluarga Sejahtera
  5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Cordova

Bagi siswa SMA/SMK/MA/sederajat yang telah memiliki KIP saat sekolah, dapat diteruskan untuk mendapatkan besasiswa KIP Kuliah di Universitas Cordova. Sedangkan bagi siswa SMA/SMK/MA/sederajat yang belum memiliki KIP dan memenuhi persyaratan sebagai penerima beasiswa KIP Kuliah, Universitas Cordova siap membantu dan melayani pengajuan penerimaa beasiswa KIP Kuliah selama menjadi mahasiswa Universitas Cordova. (LPPDI)

Info lebih lanjut bisa melihat dokumen : sistem KIP-Kuliah_v1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *