Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Teknik Informatika Undova di SKB BOTO

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Cordova melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di SKB Boto Sumbawa Barat (Kamis, 13/02/2020). Kegiatan tersebut mengambil tema “Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Setara Daring Kemendikbud bagi Warga Belajar & Tutor di SKB Boto Kabupaten Sumbawa Barat”.

Dalam kegiatan tersebut, kepala SKB Boto Sumbawa Barat, Hadijah, S.Pd., menyambut dengan antusias rombongan Universitas Cordova yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan berharap dapat menjalin kerjasama dengan fakultas lain di Undova misalnya fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

Dosen Prodi Teknik Informatika sekaligus Ketua Lembaga Pengelolaan Pangkalan Data dan Informasi (LPPDI) Universitas Cordova, Hasanuddin, ST., M.Cs selaku pemateri utama kegiatan pelatihan memberikan materi dengan kemasan yang ringan sehingga dapat dikuasai oleh para tutor dan warga belajar SKB BOTO. Setidaknya terdapat 3 dosen Universitas Cordova yang hadir dalam pengabdian tersebut yaitu 1) Amrussalam, ST., MT., Dekan Fakultas Teknik UNDOVA, 2) Muhammad Agus Alwi, S.Pd., M.Pd. Dosen Bahasa Indonesia UNDOVA, dan 3) Agus Jayadi, ST., MT., dosen sekaligus kepala laboratorium Teknik Informatika UNDOVA.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula SKB Boto Sumbawa Barat yang dimulai pada pukul 14.00 WITA . Selain dihadiri oleh tutor SKB Boto, terdapat juga warga belajar dari beberapa PKBM baik di lingkungan kecamatan Taliwang, hingga Desa Mataiyang, Brang Ene.

“Materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi kami di lingkungan SKB BOTO, karena saat ini Kemendikbud menuntut tutor dan warga belajar untuk memanfaatkan belajar mengajar jarak jauh secara online melalui aplikasi Kemendikbud bernama Setara Daring”, ungkap Hadijah.

Menurut Hasanuddin, kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan inisiatif dari beliau yang disambut baik oleh dosen-dosen Fakultas Teknik Universitas Cordova. Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian dosen dan tenaga ahli UNDOVA atas kebutuhan masyarakat di tengah era industry 4.0 yang serba cepat dan canggih.

“Melalui kegiatan pengabdian ini semoga ilmu dan kemampuan yang kami miliki oleh para dosen dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat sekaligus melaksanakan salah satu kewajiban dosen dalam hal tri dharma perguruan tinggi” ungkap Hasanuddin. (LPPDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *