Dosen Undova Berkiprah Dalam Penelitian Kompetitif Nasional Dosen

Berdasarkan Surat Edaran Nomor B/87/E3/RA.00/2020 dari Kementerian Riset dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional bagian Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, dosen Universitas Cordova turut menjadi penerima dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun anggaran 2020. Dalam surat tersebut, setidaknya terdapat 7 proposal PDP dan 1 proposal PKM yang diajukan dosen UNDOVA lolos didanai.

“Saya senang karena para dosen Universitas Cordova selalu aktif dalam mengikuti program yang diadakan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud, sekaligus terus melaksanakan Catur Dharma Universitas Cordova”, ungkap K.H. Amir Ma’ruf Husein, S.Pd.I., M.M., Wakil Rektor I Universitas Cordova.

Sebagaimana tertulis dalam surat edaran, semua proposal PDP yang lolos merupakan penelitian dengan status usulan baru dan durasi penelitian 1 tahun. Beberapa judul proposal dengan masing-masing ketua timnya adalah sebagai berikut.

  1. Amirul Hilmi, M.Sc., dengan judul “Penyelidikan Geokimia dan Geolistrik terhadap Intrusi Air Laut di Desa Labuhan Kertasari, Kabupaten Sumbawa Barat”.
  2. Andi Maria Ulfa, M.Pd., dengan judul “Karakteristik Masker Rumput Laut dan Kelapa sebagai Bentuk Penguatan Agroindustri di Desa Labuhan Kertasari”.
  3. Diena Frentika, M.Pd., dengan judul “Etnomatematika di Kabupaten Sumbawa Barat sebagai Sumber Belajar Matematika”.
  4. Erlin Pebriantika, M.Pd., dengan judul “English Teachers’ Strategies in Teaching Reading Comprehension”.
  5. Ismiati, M.Pd., dengan judul “Combining Diary and Guided Strategies for Writing Difficulties”.
  6. Muhammad Imran, MH., dengan judul “Pengaruh Program Keluarga Berencana (KB) terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Desa Poto Tano Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat
  7. Sahratullah, M.Pd., dengan judul “Pengembangan Petunjuk Praktikum Bioteknologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA di Kabupaten Sumbawa Barat”.

Sementara itu, proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang lolos didanai diajukan oleh Amrussalam, ST., MT., dekan Fakultas Teknik Universitas Cordova. Penelitian tersebut masuk dalam skema PKMS dengan judul “PKM Lean Management pada Usaha Dagang Pertanian dalam Memiliki Value Add Service”.

“Harapan saya, dana hibah tersebut bukan menjadi tujuan utama tetapi dijadikan sebagai trigger bagi para dosen untuk menebarkan manfaat bagi agama, negara, dan masyarakat”, ungkap K.H. Amir Ma’ruf Husein, S.Pd.I., M.M.

“Harapan saya kepada seluruh dosen untuk terus aktif melaksanakan Catur Dharma Universitas Cordova dengan ikhlas lilahi ta’ala. Kalau ada seleksi penelitian apapun bentuknya dan pada jenjang apapun dapat dijadikan sebagai trigger, sebagai penambah motivasi dan sebagai penambah tenaga. Motivasi utamanya adalah menjadi khairunnas, yaitu manusia yang paling bermanfaat bagi manusia dan dalam rangka fastabiqul khairat, berkompetisi dalam mewujudkan kebaikan”, ungkap beliau menambahkan. (LPPDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *