Seminar Hasil Penelitian DIKTI : Strategi Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan

Pada tahun 2019 beberapa dosen Universitas Cordova (Undova) berhasil lolos dalam Hibah Kompetitif Dosen skema Penelitian Dosen Pemula (PDP). Sebagai pertanggungjawaban dalam pelaksanaan kegiatan penelitian yang diadakan oleh Kemenristek DIKTI tersebut, para pengusul dituntut untuk melaksanakan seminar hasil penelitian. Pada hari Sabtu, 23 November 2019 diselenggarakan seminar hasil PDP bertempat di Undova Jl. Pondok Pesantren No. 112, Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat NTB.

Salah satu penyaji yang tampil dalam seminar hasil penelitian tersebut, adalah Amrussalam, S.T., M.T. dan Fitri Ariyanti, S.T., M.Eng dari Fakultas Teknik Undova. Penelitian yang dipresentasikan  berjudul “Value Engineering (VE) dan Strategi Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan “Sagara Merente” di Kabupaten Sumbawa.

Esensi penting yang melatarbelakangi penelitian tersebut adalah karena belum adanya penilaian kelayakan usaha sehingga pengambilan keputusan dalam pengembangan usaha bersifat terburu-buru. Dengan demikian, penelitian ini berupaya untuk mendapatkan strategi pengambilan keputusan yang terbaik (menguntungkan) berdasarkan alternatif-alternatif pengembangan usaha di Sagara Merente. Harapannya, strategi tersebut dapat meningkatkan nilai tambah yang optimal bagi usaha Agrobisnis di sana.

Amrussalam, M.T. sebagai ketua peneliti, pada tahun 2019 ini merupakan kesempatan kedua kalinya mendapatkan hibah penelitian PDP dari Kemenristek DIKTI. Sehingga penelitian ini adalah penelitian kedua setelah tahun 2018 mendapatkan hibah penelitian dengan skema serupa.

Menurut Amrussalam, dalam mendapatkan hibah penelitian terdapat banyak faktor yang menentukan. Hal penting yang perlu disiapkan peneliti adalah menyiapkan judul serta metode yang tepat dan menarik. Peneliti perlu merancang judul yang dapat menghipnotis reviewer.

“Metode/teori yang terbaru dalam menyelesaikan masalah penelitian juga menjadi pendukung lolosnya menjadi penerima hibah penelitian”, ucap Amrussalam

“Satu hal penting lainnya penyusunan RAB penelitian yang rasional. Perlu perhatian lebih dalam menentukan jenis pengeluaran, di mana bahan habis pakai dan penunjang lainya harus lebih besar daripada jenis pengeluaran yang lain”, ungkap Amrussalam menambahkan.

Amrussalam, M.T dan Fitri Ariyanti, S.T., M.Eng. berharap dalam waktu dekat dapat merealisasikan e-journal Fakultas Teknik. Untuk itu, Amrussalam terus bekerjasama dengan LRP2M Undova dalam mewujudkan agar jurnal tersebut bisa terdaftar di Sinta pada Desember 2019.

Amrussalam juga berharap semakin banyak dosen Universitas Cordova semangat mengajukan proposal untuk mendapatkan hibah kompetitif dosen baik dalam skema PDP, PKMs, maupun PKM di tahun depan. Amrussalam juga berterima kasih kepada Universitas Cordova yang selalu mendukung dosen melakukan penetian dan pengabdian.

“Terima kasih kepada Undova dan semoga Undova selalu mensupport semua dosen serta meningkatkan pelatihan/seminar/talkshow bagi dosen setiap tahunnya”, tutur Amrussalam. (LPPDI Undova)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *