Seminar Hasil Penelitian DIKTI : Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

Pada hari Sabtu, 23 November 2019 dilaksanakan Seminar Hasil Penelitian Hibah Kompetetif Dosen Kemenristek DIKTI skema Penelitian Dosen Pemula (PDP). Seminar hasil penelitian ini bertempat di kampus Universitas Cordova (Undova) Jl. Pondok Pesantren No. 112 Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Salah satu penyaji dalam seminar hasil penelitian ini adalah Ismiati, M.Pd dan Erlin Pebriantika, M.Pd dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Undova dengan judul “Development Strategies of English Writing Skill”.

Kegiatan seminar hasil penelitian ini berlangsung sangat interaktif, melibatkan dosen dan mahasiswa yang ada di Undova. Beberapa dosen dan mahasiswa tampil dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait hasil penelitian yang dipaparkan oleh penulis. Pemateri dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta seminar hasil.

Menurut Ismiati, menulis dalam Bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting khususnya bagi mahasiswa. Sementara itu, banyak mahasiswa yang masih bermasalah dalam menulis Bahasa Inggris karena kompleksitas Bahasa yang belum dipahami. Rendahnya pengetahuan berbahasa nyatanya belum diimbangi dengan intensitas belajar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Karena itulah diperlukan terobosan strategi untuk meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Inggris di kalangan mahasiswa.

Melalui kegiatan tersebut, peserta seminar hasil penelitian menemukan setidaknya ada empat (4) strategi yang direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Inggris. Strategi yang dimaksud adalah menulis kolaboratif, menggabungkan strategi menulis antara diary dan guided, menambah alokasi waktu belajar menulis, dan matakuliah Writing sebaiknya secara berkelanjutan diampu oleh pengajar yang sama.

“Semoga hasil penelitian kami dapat memberikan kontribusi bagi stakeholder terkait”, ungkap Ismiati. Lanjut menurut Ismiati, melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi melalui kegiatan penelitian merupakan salah satu kewajiban dosen. Kesempatan untuk memperoleh bantuan dana penelitian bagi dosen juga diberikan oleh pemerintah. Sebagai penerima dana penelitian dari Kemristekdikti, Ismiati dan Erlin merasa sangat senang dan bersemangat.

“Kami berterima kasih kepada Kemristekdikti yang telah menetapkan proposal kami sebagai salah satu penerima hibah kompetitif pada tahun 2019. Hal tersebut membuat kami semakin termotivasi untuk terus melaksanakan tridarma yang insyaAllah bermanfaat bagi umat”, tutur Ismiati.

Ismiati juga berharap semoga dosen Universitas Cordova selalu termotivasi untuk terus melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi melalui kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, Ismiati juga memiliki harapan untuk Universitas Cordova terkait dengan kegiatan penelitian.

“Harapan kami kepada Universitas Cordova khususnya kepada LRP2M Undova agar intens mengadakan pertemuan ilmiah atau membentuk forum diskusi bersama semua dosen di lingkungan Universitas Cordova. Di samping itu, forum diskusi bersama mahasiswa juga perlu diagendakan untuk memotivasi mahasiswa dan dosen agar lebih aktif terlibat dalam Tridarma Perguruan Tinggi”, ungkap Ismiati.

“Semoga dosen Universitas Cordova bisa semakin meningkatkan semangat menjadi peneliti dan meningkatkan pula kualitas serta kuantitas karya ilmiah yang dihasilkannya”, ungkap Erlin menambahkan. (LPPDI Undova)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *