Wisudawan Undova Asal Lotim & Banyuwangi Punya Skripsi Terbaik

KabarNTB – Sebanyak tujuh Wisudawan Universitas Cordova (Undova) Sumbawa Barat yang memiliki skripsi terbaik pada masing –masing program studi, dua diantaranya berasal dari Wisudawan luar Pulau Sumbawa, mereka berasal dari Lombok Timur dan Banyuwangi Jawa Timur.

Kedua Wisudawan yang dimaksud yakni, Deni Harmoko,S.Pd Program Studi Pendidikan Biologi asal Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur dengan judul skripsi Efektifitas pembelajaran IPA menggunakan model terpadu tipe connected bervisi sets dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Al-Ikhlas Taliwang, kemudian Zaenuddin, S.P program studi Agribisnis asal Desa Pohgading Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur dengan judul skripsi Analisis usaha dan pemasaran telur ayam ras di Kabupaten Sumbawa Barat.

Sedangkan kelima wisudawan lainnya yang memiliki skripsi terbaik yakni Muliadi, S.E Program Studi Ekonomi Pembangunan asal Desa Mapin Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa dengan judul skripsi Analisis daya saing industry pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat untuk meningkatkan ekonomi daerah, kemudian ada Lili Sulastri A.Hakim, S.T Program Studi Tekhnik Informatika, Lili ini berasal dari Desa Beru Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat, dengan judul skripsi aplikasi pembayaran pajak bumi dan bangunan di Kantor Desa Beru Kecamatan Jereweh menggunakan SMS Gateway.

Selanjutnya dari Program Studi Tekhnik Pertambangan ada Wisudawan Munawir Haris,S.T asal Desa Mura Kecamatan Brang Ene KSB dengan judul skripsi peningkatan nilai kalori batubara peringkat rendah dengan menggunakan oli bekas pada power plant PT.Newmont Nusa Tenggara KSB, dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Wisudawan Anri Susana,S.Pd berhasil meraih skripsi terbaik, Ana yang berasal dari Desa Benete Kecamatan Maluk memiliki judul skripsi An error Analysis of using punctuations in English texts : A case study at the second grade students of SMPN 4 Brang Rea in Academic Year 2015/2016.

Kemudian dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, Firmansyah,S.IP yang berasal dari Taliwang KSB memiliki skripsi terbaik dengan judul partisipasi masyarakat Kecamatan Taliwang dalam Pilkada KSB periode 2015-2020.

Ketujuh Wisudawan yang memiliki skripsi terbaik dari masing-masing Program Studi ini mendapatkan penghargaan dari rektorat Undova, yang diserahkan oleh Dr. KH. Dihyatun Masqon, MA Ketua Umum Yayasan Wakaf Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang, dalam Wisuda V Undova yang berlangsung di Gedung Al Hamra Undova, Sabtu (13/2/16).

Rektor Undova, Dr.KH.Zulkifli Muhadli,MM dalam sambutannya pada acara Wisuda kali ini menyampaikan apresiasi bagi sejumlah Wisudawan Undova khususnya yang berasal dari luar KSB.

Menurutnya Undova bukan hanya menjadi perguruan tinggi bagi masyarakat KSB namun Undova menjadi Kampus tujuan belajar dari Mahasiswa berbagai daerah. Hal ini membuktikan bahwa kwalitas Undova sesuai dengan hasil klasifikasi peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2015 oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi RI yang menempatkan Undova dengan peringkat terbaik dari sejumlah Perguruan Tinggi yang ada di Pulau Sumbawa.

“ Saat ini Undova berada di papan tengah berdasarkan klasifikasi peringkat oleh kementerian, bisa dibilang terbaik di Pulau Sumbawa, namun juga masih lebih baik dari sejumlah perguruan tinggi di Pulau Lombok, target kita kedepan menjadikan Undova sebagai Perguruan Tinggi dalam urutan paling tidak 5 besar di NTB, hal ini tentu menjadi tugas kita bersama,”demikian kata Dr.KH.Zulkifli Muhadli.(K-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *